Sunday, March 1, 2015

Di Balik Semester 5

         Sebelumnya saya minta maaf ya para pembaca, soalnya postingan ini hanya cerita kenangan saya agar tak lupa di makan waktu.


        Sejak saya kuliah di akhir semester 5, tepatnya waktu liburan panjang, saya diajak usaha dagang makanan ringan di Ibukota Jawa Tengah (Semarang) oleh teman saya dari Sekuro, Mlonggo Jepara, namanya dulu mas Budi Setiawan tapi sekarang ganti dengan nama Pak Guru BK Budi Setiawan, S.Pd (tapi saya memanggilnya pak tua, hehhe). awalnya saya jadi pegawainya Mas Budi, saya mangkal tepan di depan kios Raja Pempek atau depan parkiran mahasiswa jurusan FISIP/MIPA UNNES, berjalan baru dua minggu saya keluar, bukan soal apa apa, cuma soalnya waktu kuliah mulai masuk lagi. Akhirnya mas budi mencari pegawai baru untuk gantikan saya, kami usaha di bidang kuliner makanan ringan yaitu jualan mie lidi, dulu namanya Mie
Lidi SS(Selalu Sukses) bentuk mienya ada 2 macam mie lidi kecil dan yang gede gepeng, 8 macam rasa Balado, Pedes, BBQ, Lada Hitam, Jagung Manis, Rumput Laut, Keju dan Sambal Udang. Semakin lama pembeli semakin banyak, banyak juga untungnya lalu mas budi bisa beli grobak 1 lagi, jadi punya 2 grobak, jalan tak berapa lama grobak 1 nganggur, inisiatif saya pakai saja untuk jualan di kampus saya.
      Pagi setelah sholat subuh saya udah siap2 bersihin grobak untuk jualan sambil nunggu pak budi bawa dagangan, pukul 7.00 pagi pak budi datang dan saya memasukkan 1 per 1 mie lidi ke grobak, pukul 7.15 saya siap2 mandi, pukul 7.40 saya siap berangkat menuju kampus dengan bawa dagangan, pukul 8.00 sampai kampus, nah pas sampai di depan gerbang masuk bleng langsung semua pasang mata melihat ke arah saya sampai di tempat parkir atas, saya sempet malu, tapi hati saya bicara "kalau kamu malu kapan kamu maju? ingat Fer kamu malu cuma sehari itu saja, besok2 temen kamu bakal salut dengan semangatmu, taraaaaap yap akhirnya saya mengikuti kata hati dan ternyata benar". saya mengatur waktu begini, tiap ada jam kuliah dagangan saya tutup, kalau lagi kosong saya stand by di tempat dagangan, tempat mangkal saya di depan mushola kampus, pertama kurang pede soalnya baru temen sekelas saja yang mau beli, semakin tambah hari semakin laku dan saya pede kembali, mie lidi kami jual dengan harga murah meriah mulai 2000, 3000 seterusnya, disini saya bagi hasil sama pak budi, fivety fivety alias 50:50, ahahaha. begitu berjalan seterusnya selama 1 semester tepat di semeter 6, semester tujuh saya berhenti, soalnya saya siap siap ngerjain skripsi.
nah itu cerita singkat sejarah perjalanan kuliah saya di akhir semester 5.

Ini daftar nama yang sering beli dagangan saya:
  • Wahyu SP dari kota Pati biasa saya panggil gembliiis, tiap malem beli 6000 mix semua rasa
  • Ahus J dan Robani alias BenTM dari kota Demak dan Banyumanik, selalu beli 5000 buat cemilan diwaktu ngeAsDos, hehehe
  • Latip, Bima bolik, Ridho, Tyan, Isti, Tanoko, Mbak Ayu, Pras, Affan, Faisal, Kanif, Sigit, Aguswaluyo, Ayyik, Essa, Mbah Udin, Imam, Sandi, Reffly, Agun, Ngesti dan masih banyak lagi temen C1.
  • Temen - temen seperti sukron, rofi dan banyak lagi temen B1.
  • Temen - temen satu tingkatan
  • Temen - temen kakak tingkatan
  • Mbak cantik, mbak gemuk saya masih ingat kamu kalau beli pasti minta banyak. hehehe
  • Temen - temen adik kelas, anak anak BAI terutama
  • Para satpam kampus dan pegawai
  • Mbak dan mas jualan dikantin
  • dan masih banyak lagi pokoknya.

Ilmu, hikmah dan pengalaman yang saya dapat dari cerita dagang mie lidi :
  1. Berterima kasih kepada Alloh yang mengijinkan Orangtuamu dapat nguliahin kamu
  2. Kalau pengen maju ya jangan malu
  3. Kalau banyak waktu luang baik baik jangan sia siakan cuma buat nongkrong dikosan, lebih baik cari pengalaman dan uang, bayak kok perusahaan yang butuhin tenaga casual
  4. Jangan cepet putus asa di awal awal usaha, perlu adaptasi untuk mengenalkan produk usaha kita.
  5. Kalau modal belum kembali hawanya lemes gak semangat, hehehe (yakin lah saja pasti kembali itu modal awal)
  6. Jangan sombong dan perbanyaklah teman dan jaringan
  7. Pergunakan waktu kuliahmu sebaik baiknya, ingat kuliah itu susah tapi masih susah orang tua nguliahin anaknya.
  8. Kuliah jangan cuma gaya gayaan, ingat itu harta milik orangtuamu
  9. Kuliah jangan ingin selalu waoooooooo, ingat kuliah itu prehatin untuk menuju sukses.
  10. Kuliah jangan di bayanakan bekal mencari kerja, karena itu sangat menghina ilmu.
  11. kayaknya 1 sampai 10 dulu yang bisa saya share kan ke pembaca, semoga bermanfaat bagi penulis dan pembaca, amin
      Terima kasih bersedia untuk membaca postingan ini . . semoga dapat pahala yang banyak ya pembaca, tapi semoga pahalanya lebih banyak lagi untuk penulis . . .hahahahaha
Sekian dulu . . . .bay bay

1 comment: